Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Pelanggaran Pencurian Data Pemilu 2024, Bawaslu Luncurkan Sistem CSIRT

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 13 Maret 2023, 21:32 WIB
Cegah Pelanggaran Pencurian Data Pemilu 2024, Bawaslu Luncurkan Sistem CSIRT
Anggota Bawaslu RI Puadi, saat peluncuran Tim Tanggap Serangan Insiden Siber/RMOL
rmol news logo Potensi pelanggaran pencurian data yang dipakai untuk kebutuhan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, diupayakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk tidak kejadian. Caranya, yaitu dengan membuat sistem keamanan digital.

Begitu dikatakan anggota Bawaslu RI Puadi, saat peluncuran Tim Tanggap Serangan Insiden Siber atau Computer Security Insident Responden Team (CSIRT) dengan menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), di Hotel Holiday Inn and Suites di Jalan Gadjah Mada, Jakarta Pusat, Senin (13/3).

“Harus diakui bahwa sistem terkait informasi yang ada di lingkungan Bawaslu saat ini kerap mendapat serangan dan berpotensi mengalami kebocoran data, padahal data tersebut wajib dilindungi oleh Bawaslu,” ujar Puadi dalam sambutannya.

Mantan anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta ini menjelaskan, Bawaslu sebagai pengawas pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 mesti menjaga keamanan data digital.

“Harus diakui bahwa penggunaan teknologi informasi mampu mendorong terwujudnya transparansi kemudian efisiensi dan efektivitas kaitannya dengan pelaksanaan yang diperankan Bawaslu,” sambungnya menegaskan.

Lebih lanjut, Puadi menuturkan bahwa dengan terbentuk dan diluncurkannya CSIRT, potensi serangan siber hingga pencurian data yang dipakai untuk Pemilu Serentak 2024 bisa terhindarkan.

“Menyadari hal tersebut, Bawaslu dengan dukungan BSSN membentuk tim respon insiden keamanan siber Bawaslu CSIRT. Bawaslu CSIRT mendapatkan penguatan dan keamanan data,” demikian Puadi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA