Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

CII Partnership Summit 2023, Mendag Zulhas Komitmen Perkuat Hubungan Indonesia-India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 14 Maret 2023, 21:43 WIB
CII <i>Partnership Summit</i> 2023, Mendag Zulhas Komitmen Perkuat Hubungan Indonesia-India
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dalam pembukaan Partnership Summit 2023 Confederation of Indian Industry/Ist
rmol news logo Pemerintah Indonesia menyambut baik penyelenggaraan konferensi tingkat tinggi (KTT) Partnership Summit 2023 yang digelar Konfederasi Industri India (Confederation of Indian Industry/CII) dan Pemerintah India.

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan menegaskan komitmen itu dalam sesi pembukaan CII Partnership Summit 2023 di New Delhi, India, pada Senin (13/3).

Mengusung tema “Kemitraan yang Bertanggung Jawab, Terakselerasi, Inovatif, Berkelanjutan, dan Berkeadilan”, CII Partnership Summit 2023 akan berlangsung selama tiga hari, yaitu pada 13-15 Maret 2023.

“KTT Kemitraan CII 2023 dapat berkontribusi positif bagi penguatan hubungan Indonesia-India seperti yang dicita-citakan para pendiri bangsa kedua negara," ujar Zulhas, sapaan karibnya, dalam keterangan tertulis, Selasa (14/3).

"Acara ini menjadi wadah mempromosikan potensi bisnis dan investasi antara India dan Indonesia. Penguatan kerja sama internasional menjadi penting dan relevan dengan tema KTT ini,” imbuhnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Perdagangan dan Industri, Urusan Konsumen, Pangan dan Distribusi Umum, dan Tekstil India, Piyush Goyal; para Menteri Kabinet Pemerintahan India; para Menteri dari Bhutan, Kanada, Kuba, Korea Selatan, Mauritius, Singapura, dan Persatuan Emirat Arab; serta Presiden CII Sanjiv Bajaj.

Zulhas menyebutkan, India merupakan mitra penting dan strategis bagi Indonesia. Nilai perdagangan kedua negara mencatatkan rekor tertinggi senilai 32,7 miliar dolar AS pada 2022. Ini sekaligus memperkuat status India sebagai salah satu mitra dagang utama.

“Hal ini juga mencerminkan besarnya potensi perdagangan kedua negara yang tetap tumbuh meski menghadapi tantangan pemulihan ekonomi pascapandemi dan perlambatan ekonomi global,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini, Indonesia memandang positif India di bidang teknologi informasi serta kesehatan dan farmasi.

“Saya siap untuk menjajaki kerja sama lebih jauh dalam bidang-bidang ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, Zulhas juga mengungkapkan, landasan dari segala jenis kerjasama adalah hubungan antarmanusia karena dapat menjembatani lokasi berjauhan, serta membangun hubungan yang mendalam.

“Saya berharap hubungan antarmanusia kedua negara dapat melampaui kecintaan masyarakat India atas Bali, serta kesukaan masyarakat Indonesia atas film-film Bollywood,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA