Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU Umumkan Hasil Sementara Verifikasi Faktual 771 Bakal Calon DPD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 15 Maret 2023, 09:29 WIB
KPU Umumkan Hasil Sementara Verifikasi Faktual 771 Bakal Calon DPD
Anggota KPU RI, Idham Holik/RMOL
rmol news logo Seleksi awal anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) telah masuk tahapan verifikasi faktual di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Anggota KPU RI, Idham Holik menjelaskan, lebih dari 700 bakal calon mengikuti proses seleksi awal, yakni berupa verifikasi faktual data dukungan bakal calon anggota DPD.

“Total bakal calon DPD yang data pendukung pemilihnya diverifikasi faktual sebanyak 771 di 38 Provinsi,” ujar Idham kepada wartawan, Rabu (15/3).

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU RI ini mengatakan, dari total 771 bakal calon anggota DPD yang melakukan verifikasi faktual, tidak semua memenuhi syarat (MS).

“(Ada) 332 telah MS berdasarkan proyeksi hasil verifikasi faktual kesatu,” sambungnya mengurai.

Sementara, untuk sisanya masuk ke dalam 3 kategori berbeda dan masih harus mengikuti proses lanjutan untuk menjadi calon anggota DPD, atau memilih tidak melanjutkan pencalonan dirinya.

“Terdapat 428 dinyatakan BMS (Belum Memenuhi Syarat). Kemudian 4 orang bacalon DPD yang mengundurkan diri. Sementara, ada 7 bacalon DPD sedang melaksanakan tindak lanjut putusan Bawaslu Provinsi,” tambahnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA