Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Depo Plumpang Musti Pindah, Jokowi Harus Berpihak ke Rakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 16 Maret 2023, 19:35 WIB
Depo Plumpang Musti Pindah, Jokowi Harus Berpihak ke Rakyat
Aktivis Senior, Syahganda Nainggolan saat menjadi narasumber Forum Jakarta Kita di Kopi Timur, Pondok Kopi, Jakarta Timur, Kamis (16/3)/RMOL
rmol news logo Nasib warga Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, hingga kini belum ada kejelasan setelah tempat tinggalnya hangus dilalap si jago merah akibat meledaknya Depo Pertamina Plumpang.

Menurut Aktivis Senior, Syahganda Nainggolan, Presiden Joko Widodo harus tegas dalam bersikap. Yakni merelokasi Depo Plumpang ke tempat yang jauh dari pemukiman. Salah satunya di kawasan reklamasi.

"Pak Jokowi harus (tegas) sebelum turun dari Presiden, (memutuskan) rakyat tetap di situ," katanya saat menjadi narasumber Forum Jakarta Kita yang digagas Kantor Berita Politik RMOL di Kopi Timur, Pondok Kopi, Jakarta Timur, Kamis (16/3).

Direktur Eksekutif Sabang-Merauke Circle itu menegaskan, memindahkan Depo Plumpang adalah keputusan yang bijak ketimbang merelokasi warga yang telah puluhan tahun menempati wilayah Tanah Merah.

"Ini bukan kilang loh. Ini kan Depo. Kalau kilang teknologinya susah buat pindah, tapi kalau depo kan cuma tangki-tangki penampungan sementara. Jadi rakyat harus tetap di situ," tegasnya.

Tanah Merah merupakan lahan di sebelah utara Depo Plumpang. Kawasan yang masuk area Kelurahan Rawa Badak Selatan sejatinya merupakan lahan milik Pertamina.

Namun seiring waktu,  warga banyak yang membangun rumah sehingga terbentuklah pemukiman. Jarak antara rumah warga dengan tembok Depo Plumpang memang sangat dekat. Hal itu yang dinilai membuat api merembet dengan cepat ke pemukiman warga.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA