Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Ramadhan, Gubernur Jateng Nyadran ke Makam Sunan Ampel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 18 Maret 2023, 21:37 WIB
Sambut Ramadhan, Gubernur Jateng Nyadran ke Makam Sunan Ampel
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ziarah ke pusara Syekh Ali Rahmatullah atau dikenal dengan Sunan Ampel di Surabaya/Ist
rmol news logo Ziarah kubur menjadi satu tradisi tersendiri bagi sebagian kalangan masyarakat Indonesia, dalam menyambut masuknya bulan suci Ramadhan. Ziarah kubur ini, dilakukan pada makam keluarga atau makam ulama.

Tradisi ziarah kubur itu, juga dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dia memilih mengunjungi pusara Syekh Ali Rahmatullah atau dikenal dengan Sunan Ampel di Surabaya, pada Jumat malam (17/3).

Ziarah di makam Sunan Ampel, merupakan titik pertama dari rangkaian nyadran atau ziarah yang dilakukan Ganjar bersama istri, Siti Atikoh.

Selama ziarah, Ganjar didampingi dua keturunan Sunan Ampel untuk memasuki area pemakaman keluarga inti yang menjadi bagian terdalam pemakaman. Gus Abubakar, salah satu keturunan Sunan Ampel mengatakan, itu adalah tempat ziarah paling istimewa.

"Tidak semua orang bisa masuk ke bagian ini. Alhamdulillah kita bisa mengantar Pak Ganjar sampai pada titik ini," kata Gus Abubakar dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/3).

Ganjar langsung bersimpuh tepat di samping pusara Sunan Ampel dan melantunkan kalimat tasbih, serta tahlil yang dipimpin Gus Abubakar.

Begitu runtutan bacaan tahlil, Ganjar bersama istri mengamini doa-doa yang dibacakan oleh Gus Abdul Muis Azis yang merupakan cicit pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri.

"Kita muslim Indonesia mengenal yang namanya tradisi nyadran sebelum Ramadan. Dan kami mengawali nyadran di makam Sunan Ampel," demikian Ganjar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA