Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Proporsional Terbuka-Tertutup, PKB Minta MK Adil dan Tak Bikin Sulit Parpol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Minggu, 19 Maret 2023, 01:17 WIB
Soal Proporsional Terbuka-Tertutup, PKB Minta MK Adil dan Tak Bikin Sulit Parpol
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat mengunjungi Kota Bandung, Sabtu (18/3)/Ist
rmol news logo Mahkamah Konstitusi (MK) diharapkan bisa memutuskan perkara dengan adil, terkait gugatan sistem pemilu proporsional terbuka diubah menjadi tertutup.

Sebab, jika proporsional tertutup menjadi keputusan MK, maka parpol akan mengalami kesulitan lantaran tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan.

“Ya saya berharap MK benar-benar wise, adil, objektif melihat bahwa pemilu sudah amat sangat dekat, perubahan sistem akan sangat merepotkan,” kata Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Kota Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu (18/3).

Menurut Cak Imin, jika ingin fair, perubahan sistem pemilu dari proporsional terbuka ke tertutup sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari.

“Kalau mau mengubah sistem pemilu saya harapkan ya lima tahun sebelumnya lah, jangan sudah tinggal 11 bulan (menuju Pemilu 2024),” sesalnya.

Untuk itu, ia menyarankan apabila sistem pemilu proporsional tertutup ingin diberlakukan bisa pada pemilu selanjutnya, bukan pada Pemilu 2024 yang tahapannya sudah berjalan ini.

“Kalau mau mengubah sistem hendaknya baru untuk Pemilu 2029, dimulai perubahan sistem pemilunya tahun 2025, kayak gitu,” pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA