Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Farah.ID

Luhut: Ekonomi Indonesia Stabil saat Covid-19 karena Peran Kades

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 19 Maret 2023, 16:54 WIB
Luhut: Ekonomi Indonesia Stabil saat Covid-19 karena Peran Kades
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat hadiri perayaan 9 tahun UU Desa/Ist
Peran desa memiliki andil besar dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan pujian kepada seluruh kepala desa atas perannya sebagai tonggak awal dalam pemulihan ekonomi nasional selama Covid-19.

Bagi Luhut, Kades di seluruh Indonesia memiliki peran yang luar biasa. Di mana Indonesia, dana desa tersebar di 74 ribu desa lebih.

"Kenapa ekonomi kita relatif stabil dalam konteks kemarin Covid-19, itu karena peran dari kepala-kepala desa,” tegas Luhut dalam memberikan sambutannya di acara Peringatan 9 Tahun UU Desa, bertemakan Membangun Indonesia dari Desa, Lapangan Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (19/3).

Dewan Pembina DPP Apdesi ini mengingatkan kepada seluruh kepala desa tentang empat pilar ekonomi nasional yang perlu dijaga dengan baik yakni, pertama hilirisasi.

“Ini yang membuat ekonomi kita menjadi kuat saat ini, dan kita membawa, membangun ekosistem di negeri ini, yang dihormati negara di dunia,” katanya.

Yang kedua adalah digitalisasi yang membuat Indonesia lebih transparan, membuat penghematan, dan efisiensi di semua lini. Yang ketiga adalah harga komoditas. Yang keempat pilar itu adalah dana desa.

“Anda memainkan peran yang luar biasa. Saya harap, peran ini terus dibawa ke depan. Jangan dibawa  perbedaan-perbedaan,” demikian Luhut.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA