Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anwar Usman Dilantik Jokowi Siang Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 20 Maret 2023, 10:51 WIB
Anwar Usman Dilantik Jokowi Siang Ini
Presiden Joko Widodo dan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman/Net
rmol news logo Pelantikan Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2023-2028 yang terpilih dalam rapat pleno pemilihan pekan lalu akan digelar siang ini.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Kantor Berita Politik RMOL dari Humas MK, pelantikan akan dilaksanakan di Ruang Sidang Pleno Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (20/3).

Pelantikan berlangsung pukul 11.00 WIB, dan bisa disaksikan langsung oleh publik melalui kanal Youtube Mahkamah Konstitusi dan Sekretariat Presiden.

Pelantikan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Kepala pemerintahan ini akan memandu pengambilan sumpah jabatan Ketua dan Wakil Ketua MK.

Jabatan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) kembali digenggam Anwar Usman, setelah dilakukan pemungutan suara ulang dalam Rapat Pleno Hakim untuk Pemilihan Ketua MK dan Wakil Ketua MK, di Kantor MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (15/3).

Dalam proses perhitungan suara atas pemungutan suara putaran ketiga yang diikuti 9 Hakim Konstitusi, Anwar Usman memperoleh 5 suara, atau lebih tinggi dari Arief Hidayat yang memperoleh 4 suara.

Dalam proses ini, juga dilakukan pemungutan suara untuk Wakil Ketua MK. Dimana, terpilih Saldi Isra setelah dilakukan pemilihan yang hanya satu putaran.

Saldi memperoleh 5 suara, unggul atas Daniel Yusmic Foekh yang memperoleh 3 suara. Satu hakim konstitusi abstain menentukan Wakil Ketua MK. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA