Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dianggap Jadi Penentu, Suara NU Diprediksi Berlabuh ke Anies dan Ganjar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 22 Maret 2023, 09:56 WIB
Dianggap Jadi Penentu, Suara NU Diprediksi Berlabuh ke Anies dan Ganjar
Kolase Anies Baswedan-Ganjar Pranowo/Repro
rmol news logo Sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) kerap disebut-sebut menjadi penentu kemenangan pada Pemilihan Presiden (Pilpres).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Disampaikan Direktur Lembaga Riset Lanskap Politik Indonesia, Andi Yusran, itulah yang membuat Nahdlatul Ulama selalu menjadi magnet para politisi dan partai politik. Tak heran ketika menjelang Pemilu banyak parpol yang sowan ke NU.

Andi memprediksi, suara NU akan mengarah ke dua tokoh yang digadang-gadang akan maju sebagai calon presiden (capres) 2024. Mereka adalah Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

"Anies saya prediksi dapat dukungan dari suara NU (kultural) dan Ganjar jika berpasangan dengan Erick Thohir akan memperoleh dukungan dari NU struktural," kata Andi saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (22/3).

Belakangan istilah NU kultural dan NU struktural cukup mengemuka. Secara sederhana, NU struktural adalah mereka yang mengikuti kepengurusan secara formal.

Sementara NU kultural dapat diartikan mereka yang mengikuti atau sepakat dengan pandangan NU. Jumlah NU struktural ini sangat banyak. Bahkan disebut mencapai puluhan hingga ratusan juta orang. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA