Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Festival Pemilu Gembira Relawan Anies, Edukasi Politik atau Kampanye Colongan?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 22 Maret 2023, 11:59 WIB
Festival Pemilu Gembira Relawan Anies, Edukasi Politik atau Kampanye Colongan?
Bakal calon presiden Anies Rasyid Baswedan/Net
rmol news logo Launching Festival Pemilu Gembira yang dilakukan dan digagas relawan Anies Baswedan pada Selasa kemarin (22/3), dinilai punya dua aspek yang saling berseberangan. Yaitu aspek positif dan negatif.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Upaya ini positif jika ingin menanamkan semangat bahwa pemilu adalah keriangan. Namun tentu saja,  Bawaslu perlu juga mengawasi pelaksanaan ide ini,” ujar pengajar Ilmu Pemerintahan dari Universitas Sutomo, Efriza, saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (22/3).

Efriza mengurai, aspek positif dari langkah relawan Anies menggagas Festival Pemilu Gembira ini adalah memberikan pembelajaran politik bagi masyarakat.

“Positif jika semangatnya untuk memberikan edukasi tentang pemilu, memberikan pesan kepada publik tentang pemilu gembira dengan melakukan festival,” tuturnya.

Namun, apabila Festival Pemilu Gembira sengaja dibuat untuk mengisi kekosongan masa kampanye saat ini, Efriza mewanti-wanti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) agar mencegah upaya kampanye colongan.

“Jangan sampai ini adalah upaya kampanye dini. Sebab hanya Anies sebagai capres yang saat ini punya waktu luang lebih besar, tak ada jabatan di pemerintahan,” kata pengamat politik dari Citra Institute ini.

“Oleh sebab itu, pengawasan dari Bawaslu harus ekstra, supaya tidak terjadi potensi konflik di masyarakat karena persaingan,” demikian Efriza. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA