Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jamiluddin Ritonga: Deklarasi Anies Picu Koalisi Lain Segera Usung Capresnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 22 Maret 2023, 19:51 WIB
Jamiluddin Ritonga: Deklarasi Anies Picu Koalisi Lain Segera Usung Capresnya
Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga/RMOL
rmol news logo Lebih maju dari kelompok yang lainnya, Koalisi Perubahan akan mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal capres pada awal ramadhan.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga berpendapat deklarasi itu sebaiknya bersamaan dengan cawapresnya. Dengan begitu, Koalisi Perubahan sudah lengkap mendeklarasikan pasangan capres-cawapresnya.

Pandangan Jamiluddin, kalau itu dapat diwujudkan, diharapkan dapat menjadi pemicu bagi koalisi lainnya untuk segera mendeklarasikan pasangan capresnya.

"Kalau setiap Koalisi sudah punya pasangan capres, maka pemilih sudah dapat mempelajari plus minus setiap pasangan capres," demikian kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (22/3).

Pandangan Jamiluddin, saat capres sudah disampaikan ke publik lebih awal, maka pemilih punya waktu yang cukup sebelum menentukan pilihannya pada 14 Februari 2024 mendatang.

Kaolisi perubahan sendiri terdiri dari Partai Demokrat, Partai Nasdem dan PKS. Sementara yang lain ada Koalisi Indonesia Bersatu yang terdiri dari Golkar, PAN dan PPP.

Sementara Gerindra dan PKB menyepakati koalisi kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Untuk PDIP sampai saat ini akan bersama siapa dalam menghadapi Pilpres.

Meski demikian, peta partai parlemen selain KIB belum secara jelas akan mengusung siapa untuk diajukan di Pilpres 2024.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA