Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendag Zulhas Cerita Harmoni Candi Borobudur di Hadapan Menteri Ekonomi ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 22 Maret 2023, 20:30 WIB
Mendag Zulhas Cerita Harmoni Candi Borobudur di Hadapan Menteri Ekonomi ASEAN
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan/Net
rmol news logo Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan menjamu para Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Ministers/AEM) dalam acara santap malam di Margo Utomo, yang berada di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (21/3).

Di forum ini, Zulhas, begitu dia karib disapa, ingin menunjukkan kemegahan Candi Borobudur yang merepresentasikan simbol toleransi, kerukunan umat beragama, dan warisan budaya yang sangat berharga menjadi simbol diplomasi Indonesia.

“Candi Borobudur yang merupakan kuil Buddha terbesar di dunia dan tercatat sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Relief Candi Borobudur menunjukkan keharmonisan hidup umat beragama yang mengedepankan sikap saling menghormati,” kata Zulhas.

Dalam sambutannya, Zulhas juga menyampaikan, kehadiran para Menteri Ekonomi ASEAN di Magelang mencerminkan dukungan kepada keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 yang mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

Zulhas mengajak para Menteri Ekonomi ASEAN untuk mengedepankan semangat kolaborasi untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi global dengan semangat sentralitas ASEAN. Dia berharap, pertemuan AEM Retreat dapat berkontribusi positif terhadap pembangunan kawasan.

“Saya harap dalam pertemuan AEM Retreat pada 22 Maret 2023, kita dapat menghasilkan kesepakatan nyata untuk memastikan bahwa kita semua, sebagai satu entitas ASEAN, dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan bekerja sama di berbagai sektor,” terangnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengatakan, Magelang dipilih sebagai lokasi pertemuan AEM Retreat ke-29 karena selain memiliki candi Buddha terbesar di dunia, juga memiliki Perbukitan Menoreh yang sangat indah.

“Magelang memiliki udara yang sejuk dan menyenangkan, yang dikelilingi beberapa gunung, cagar budaya, dan hutan jati yang rimbun,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA