Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selain Petahana, 3 Tokoh Perempuan Ini Dinilai Layak Maju pada Pilgub Lampung 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 23 Maret 2023, 09:29 WIB
Selain Petahana, 3 Tokoh Perempuan Ini Dinilai Layak Maju pada Pilgub Lampung 2024
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wagub Chusnunia Chalim potensial kembali maju pada Pilkada 2024/Ist
rmol news logo . Sejumlah nama yang digadang-gadang akan maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 2024 mulai bermunculan. Mayoritas masih diisi wajah-wajah lama.

Pengamat politik Universitas Lampung (Unila), Bendi Juantara mengatakan, sudah ada beberapa nama tokoh potensial untuk maju dalam Pilgub Lampung 2024.

"Tentu saja yang potensial adalah incumbent atau petahana Gubernur Arinal (Djunaidi)  yang punya investasi politik yang lebih unggul dibandingkan kandidat lainnya," ujar Bendi Juantara, dikutip Kantor Berita RMOLLampung, Rabu (22/3).

Menurut Dosen Ilmu Pemerintahan Unila ini, Arinal diuntungkan oleh program dan kebijakannya saat menjabat yang dapat menyisir akar rumput. Belum lagi, prestasi Arinal bisa jadi pertimbangan rakyat untuk memilih kembali Ketua Golkar Lampung itu.

"Wakil Gubernur Chusnunia Chalim (Nunik) juga punya peluang yang sama. Selain karena alasan yang sama, dia juga tokoh penting di PKB dan organisasi keagamaan di Lampung (NU)," sambungnya.

Selain keduanya, Bendi melihat ada dua pemimpin perempuan di Lampung yang populer dan berkontribusi banyak untuk daerah yang dipimpinnya.

Keduanya adalah Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana, dan Bupati Tanggamus, Dewi Handajani. Selain itu, ada sosok mantan Bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad yang cukup menyita perhatian.

"Umar Ahmad mampu mengemas aspek yang minimal menjadi aspek yang positif bagi daerah. Pembangunan dan inovasi di Tubaba tak lepas dari kepemimpinannya," jelas dia.

Meski begitu, lanjut Bendi, peta politik saat ini masih buram dan belum dapat dilihat secara utuh. Gambaran ini dapat dilihat lebih jelas setelah hasil Pemilu 2024 diketahui. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA