Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Kode-kode Kepala BIN, Demokrat: Siapapun Berhak Maju sebagai Capres-Cawapres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 23 Maret 2023, 09:48 WIB
Soal Kode-kode Kepala BIN, Demokrat: Siapapun Berhak Maju sebagai Capres-Cawapres
Koordinator Jurubicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra/Ist
rmol news logo   Pernyataan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan (BG), bahwa aura Presiden Jokowi sudah berpindah ke Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menuai spekulasi politik.

Koordinator Jurubicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, enggan menanggapi kode-kode aura yang disampaikan BG. Ia mengaku tak paham soal aura.

Namun, Herzaky menegaskan, siapapun putra putri terbaik bangsa punya hak yang sama untuk maju sebagai capres atau cawapres di Pemilu 2024.

“Karena menurut konstitusi, yang berhak mengajukan capres dan cawapres adalah parpol atau gabungan parpol. Bukan kemauan dari presiden sebelumnya,” tegas Herzaky dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/3).

Sebab, kata Herzaky, Indonesia merupakan negara demokrasi, bukan negara kerajaan. Jabatan presiden pun tidak diwariskan atau diturunkan.

“Diperebutkan dalam kontestasi yang jujur dan adil sesuai amanah konstitusi,” tandasnya.

Saat mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Selasa (21/3), Budi Gunawan sempat berkelakar ketika memberikan sambutan.

Saat itu Budi Gunawan menyebut aura kepemimpinan Presiden Jokowi telah dimiliki Prabowo. Lantaran Prabowo sering mendampingi Jokowi dalam setiap kunjungan kerja.  

“Sering mendampingi Bapak Presiden Jokowi turun, dan pada akhirnya hari ini kita menjumpai beliau, berdua di sini. Seluruhnya mulai melihat ada aura Pak Jokowi sebagian sudah pindah ke Pak Prabowo,” kata Budi Gunawan yang juga pembina Papua Muda Inspiratif (PMI) itu. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA