Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Deklarasi Anies saat Ramadhan Untungkan Demokrat dan PKS, Nasdem Terperangkap Label Isu Identitas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 24 Maret 2023, 15:46 WIB
Deklarasi Anies saat Ramadhan Untungkan Demokrat dan PKS, Nasdem Terperangkap Label Isu Identitas
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Sohibul Iman, Anies Baswedan, Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya/Ist
rmol news logo Rencana partai politik (parpol) anggota Koalisi Perubahan mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024, yang akan berlangsung pada awal Ramadhan ini, tidak memberikan keuntungan secara merata.

“Deklarasi akan amat menguntungkan bagi PKS dan Partai Demokrat. Malah Nasdem perlu hati-hati jika deklarasi di bulan puasa ini,” ujar pengamat politik dari Citra Institute, Efriza, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (24/3).

Efriza memperkirakan, Nasdem yang notabene parpol pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo akan mendapat dampak negatif langsung dari deklarasi nanti. Berbeda halnya dengan Demokrat dan PKS.

“Malah ia (Nasdem) terperangkap kepada label isu identitas yang sepertinya sudah disematkan kepada Anies, apalagi di dalamnya ada PKS,” katanya.

Maka dari itu, dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Sutomo ini menilai deklarasi Anies hanya akan menguntungkan sang capres dan dua parpol pendukung yang terbilang sebagai kelompok oposisi.

“Jadi Deklarasi ini efektif, momentum Anies merebut dukungan pemilih Islam. Sementara, diyakini Nasdem akan ketar-ketir dan dapat saja shock sebagai dampaknya. Bisa saja akhirnya Deklarasi Anies diundur menjelang pemilu,” demikian Efriza. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA