Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Ajak Tokoh Lintas Agama Cegah Politisasi Identitas dan SARA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 25 Maret 2023, 13:55 WIB
Bawaslu Ajak Tokoh Lintas Agama Cegah Politisasi Identitas dan SARA
Diskusi Bawaslu RI bertema Pencegahan Politisasi SARA Bersama Organisasi Lintas Iman di Jakarta, Sabtu (25/3)/RMOL
rmol news logo Menjaga iklim kontestasi Pemilu 2024 tetap damai terus dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan berbagai cara, salah satunya menggandeng tokoh lintas agama.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hari ini, Bawaslu RI menggandeng PBNU, PP Muhammadiyah, PHDI, KWI, PGI, Walubi, Matakin, dan MUI pada Focus Group Discussion (FGD) bertema “Pencegahan Politisasi SARA Bersama Organisasi Lintas Iman”, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (25/3).

Anggota Bawaslu RI, Totok Hariyono mengatakan, pihaknya bersama ormas membahas langkah pencegahan politisasi identitas dan SARA.

“Output-nya kita punya kesatuan visi misi yang sama, bagaimana kita mencegah kontestasi identitas dan SARA sebagai alat untuk mencari perbedaan,” ujar Totok.

Totok menuturkan, pada Pemilu 2019 masyarakat mengalami polarisasi. Untuk menghindari hal serupa, Bawaslu menggandeng tokoh lintas agama di lembaga-lembaga keagamaan nasional yang ada.

“Dari diskusi ini muncul (ide untuk sama-sama mengajak) 'hayu bareng bareng yuk' supaya pemilu ke depan lebih aman, nyaman, dan lebih demokratis tanpa ada politisasi identitas dan SARA,” tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA