Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Media Exposure, Satu Faktor Meningkatnya Elektabilitas Erick Thohir di Bursa Cawapres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 27 Maret 2023, 04:28 WIB
Media Exposure, Satu Faktor Meningkatnya Elektabilitas Erick Thohir di Bursa Cawapres
Menteri BUMN Erick Thohir/Net
rmol news logo Ada beberapa indikator yang bisa menjelaskan mengapa elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir dalam bursa calon wakil presiden mengalami peningkatan yang cukup tajam.

Dalam simulasi lima nama bakal calon wakil presiden survei Indikator Politik Indonesia, Erick Thohir berada di posisi empat dengan tren elektabilitas mengalami peningkatan.

Pada November 2022, elektabilitas Erick sebesar 12,9 persen, meningkat pada Desember 2022 menjadi 13,2 persen, dan meningkat lagi pada Februari 2023 menjadi 17,6 persen.

Pimpinan Redaksi SCTV Retno Pinasti menyampaikan, tren kenaikan elektabilitas itu berkaitan erat dengan media exposure, yang berdampak kepada para kandidat cawapres

Erick Thohir, kata Retno, mengalami peningkatan dari sisi media exposure sejak awal tahun hingga Maret 2023. Kata dia, proses pendaftaran hingga pemilihan sebagai Ketua Umum PSSI menjadikan Erick mendapatkan sorotan jauh lebih banyak dari pada calon lain.

Retno mengatakan perbincangan terhadap Erick juga datang dari harapan besar pecinta sepak bola yang merindukan perubahan pada tubuh PSSI dan sepak bola tanah air.

"Di sini, ET punya keuntungan dibanding calon lain karena dapat publikasi yang tidak perlu susah payah menciptakan momen, peristiwa, atau gimmick untuk jadi headline," ujar Retno dalam keterangan tertulis, Minggu (27/3).

"Dengan fokus memperbaiki PSSI dan menyukseskan Piala Dunia U-20 kemungkinan akan jadi berita baik yang berkaitan dengan aspek kedisukaan," katanya menambahkan.

Retno mengatakan Erick kini memiliki jangkauan audiens yang lebih luas. Jika sebelumnya, audiens Erick mayoritas pada segmen berita lantaran posisinya sebagai Menteri BUMN, saat ini audiens Erick meluas hingga ke segmen olahraga.

"Audiens sport lebih besar daripada audiens news. Selama ini kinerja Menteri BUMN banyak diulas di berbagai program berita, kini masuk ke program berita juga program olahraga dan kira tahu pecinta sepak bola sangat besar," demikian Retno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA