Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selain Dimajukan, Pemerintah Tambah Hari Libur Bersama Idulfitri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 29 Maret 2023, 17:50 WIB
Selain Dimajukan, Pemerintah Tambah Hari Libur Bersama Idulfitri
Menko PMK) Muhadjir Effendy (tengah) saat umumkan jadwal libur lebaran/Ist
rmol news logo Pemerintah memutuskan memajukan libur bersama Idulfitri 1444 H/2023 M. Selain dimajukan, Pemerintah juga menambahkan satu hari libur bersama lebaran.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, dengan demikian, libur bersama Idulfitri 1444 H berlangsung mulai tanggal 19-25 April 2023.

Keputusan ini diambil lewat rapat tingkat menteri yang dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

“Pertimbangan menggeser dan menambah libur bersama ini adalah untuk memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengambil cuti lebih awal sehingga dapat menghindarkan dari penumpukan massa pada puncak mudik yang diperkirakan  tanggal 21 April 2023 bersamaan dengan perayaan Idul Fitri,” kata Muhadjir dalam jumpa pers di Kemenko PMK Jakarta, Rabu (29/3)

Rapat tingkat Menteri ini menghasilkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. Semula libur bersama Idulfitri  jatuh pada tanggal 21, 24, 25, 26 April 2023.

Berdasar hasil survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan bahwa tahun ini jumlah pemudik sekitar 123 juta orang. Berarti jauh meningkat dibanding tahun lalu sekitar 85 juta orang.

“Saya berharap siapa saja bisa memanfaatkan kesempatan baik ini, penambahan cuti bersama. Membuat perencanaan mudik Idul Fitri lebih baik, matang, dan agar terhindar kemacetan dan ketidaknyamanan dalam perjalanan," imbuhnya.

Lebih lanjut, dia  meminta pemangku kepentingan, khususnya Kementerian Perhubungan, TNI/Polri, dan pihak lainnya untuk melakukan asesmen berkala.
Tujuannya, mengantisipasi mobilitas masyarakat dalam rangka mudik Hari Raya Idul Fitri 2023.

"Sehingga pelaksanaan operasional di dalam pengendalian arus mudik bisa berjalan dengan baik," ujar Muhadjir.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA