Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terbesar Kedua di Parlemen, Golkar Layak Diperebutkan Koalisi Lain

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 29 Maret 2023, 20:09 WIB
Terbesar Kedua di Parlemen, Golkar Layak Diperebutkan Koalisi Lain
Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI) Ali Rif'an/RMOL
rmol news logo Sosok Ketua Umum Airlangga Hartarto dan Partai Golkar dinilai tengah diperebutkan untuk menjadi mitra koalisi oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang dipimpin Partai Nasdem dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang dipimpin Partai Gerindra.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI) Ali Rif'an kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (29/3).

Ia berpendapat Golkar layak diperebutkan karena merupakan simbol persatuan. Sebab, partai berlambang beringin itu masuk partai papan tengah yang secara ideologi sebagai Partai sangat terbuka.

“Ideologi Golkar ya kekaryaan, kekaryaan sebagai ideologi Golkar bisa masuk ke semua koalisi. Koalisi Perubahan masuk, Koalisi Gerindra-PKB juga masuk,” kata Ali, Rabu (29/3).

Selain itu, kata Manajer Riset Poltracking ini, Golkar diperebutkan karena merupakan partai terbesar kedua di parlemen. Kekuatan mesin politik Golkar ini diyakini dapat membawa keuntungan bagi siapapun partner koalisinya nanti.

“Secara hitung-hitungan kursi, Golkar ini kalau dilihat dari kursi DPR yang dihitung dari itu Golkar bukan nomor 3 tapi nomor 2, kalau dilihat dari suara nasional memang nomor 3. Jadi, dari 2 hal itu, Golkar memang layak diperebutkan gitu,” katanya.

Meskipun saat ini Partai Golkar sudah memiliki koalisi bersama PAN dan PPP, namun belakangan koalisi yang dinamakan Koalisi Indonesia Bersatu ini dinilai merenggang.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA