Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Khawatir Pekerjaan Jurnalis Terancam, Editor Eksekutif AP: AI Bukan Pengganti Reporter

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 29 Maret 2023, 21:17 WIB
Khawatir Pekerjaan Jurnalis Terancam, Editor Eksekutif AP: AI Bukan Pengganti Reporter
Ilustrasi/Net
rmol news logo Di tengah banyaknya kekhawatiran terkait ancaman hilangnya pekerjaan jurnalis karena canggihnya kecerdasan buatan (AI) seperti ChatGPT, seorang editor eksekutif Associated Press, Pace telah menepis kekhawatiran itu.

Menurutnya, kecerdasan buatan dapat membantu melakukan pekerjaan dengan lebih efektif, namun bukan berarti mereka dapat menggantikan pekerjaan jurnalis di media manapun.

"Kecerdasan buatan bukanlah ancaman bagi jurnalisme, dan ChatGPT bukanlah pengganti reporter," tegas editor media terkemuka itu, Pace, kepada Alarabiya.

Istiliah ChatGPT, yang merujuk pada Generative Pre-Trained Transformer ini sendiri merupakan chatbot yang mampu melakukan segala perintah yang dibutuhkan penggunanya, seperti membuat teks copywriting, essai, dan lain sebagainya.

Menurut Pace, yang telah menggunakan kecerdasan buatan itu, ia melihat peluang besar untuk meningkatkan jurnalismenya dengan ChatGPT yang baru-baru ini ramai diperbincangkan. Akan tetapi penggabungan tersebut masih membutuhkan waktu lama.

Dalam penjelasannya, meski kecerdasan buatan itu sangat canggih, namun tingkat akurasinya masih berisiko dan tidak akan mampu menggantikan jurnalisme yang membutuhkan hubungan langsung dengan manusia lain. Untuk itu ia menyerukan agar para jurnalis tidak lagi merasa khawatir terkait hal tersebut

"Saya tidak terlalu khawatir dan tidak akan mengganti staf kami dengan AI, karena tingkat akursinya yang berisiko. Tetapi saya akan mencari peluang untuk membuat para jurnalis kami dapat menggunakan AI untuk membuat pekerjaan mereka jauh lebih mudah,” ujar Pace dalam penjelasannya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA