Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AHY: Kalau PSSI Dijadikan Alat Politik, Enggak Akan Benar Sepakbola Kita

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 31 Maret 2023, 15:12 WIB
AHY: Kalau PSSI Dijadikan Alat Politik, Enggak Akan Benar Sepakbola Kita
Ketua Umum Partai Demokrat Agus HArimurti Yudhoyono (AHY)/Ist
rmol news logo Dicoretnya Indonesia oleh federasi sepakbola dunia atau FIFA sebagai tuan rumah Piala Duna U-20 disesalkan sejumlah pihak. Terlebih, pembatalan itu disinyalir karena pernyataan-pernyataan politik para politikus terkait kehadiran timnas Israel yang membuat riuh jagat sepakbola.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta dunia sepakbola agar tidak dicampuradukkan dengan politik. Menurutnya, sepakbola dijadikan alat untuk berpolitik maka tidak akan pernah beres persepakbolaan di tanah air.

“Kalau PSSI dijadikan alat politik, nggak akan benar sepak bola kita. Nggak hanya sepak bola, semua olahraga,” kata AHY dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/3).

Atas dasar itu, putra sulung Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini sangat berharap kepada pihak-pihak terkait agar benar-benar menata dan mengelola sepak bola tanah air dengan baik.

“Saya berharap, kita semua bermohon lah kepada mereka yang mengurusi itu semua, pemerintah kita, pemimpin kita, ya benar-benar menata ini dengan baik. Jangan pakai agenda politik, jangan pakai tujuan untuk meningkatkan elektabilitas,” pungkasnya.

Sebelumnya, ramai menjadi perbincangan publik masalah dua kader PDIP Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster. Keduanya merupakan seorang kepala daerah dari Jawa Tengah dan Bali.

Ganjar dengan tegas menolak keikutsertaan Timnas Israel untuk berlaga pada Piala Dunia U-20 sesuai arahan partainya PDIP.

Sedangkan, I Wayan Koster juga turut menolak secara lantang akan hal serupa. Penolakan Koster berujung pada pembatalan drawing Piala Dunia U-20 yang seharusnya dilaksanakan pada pekan lalu di Bali.

Itu akhirnya berbuntut pada federsasi sepak bola dunia FIFA yang secara resmi mengumumkan pembatalan perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia pada Rabu malam (29/3). Sontak keputusan itu pun berdampak pada kekecewaan Timnas Indonesia U-20 serta masyarakat luas pada umumnya. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA