Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rafael Alun Jadi Pasien KPK, Bersih-bersih Kemenkeu Harus Total

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Minggu, 02 April 2023, 00:20 WIB
Rafael Alun Jadi Pasien KPK, Bersih-bersih Kemenkeu Harus Total
Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM), Iwan Sumule/Ist
rmol news logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta untuk melakukan bersih-bersih di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) setelah menetapkan mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Rafael Alun Trisambodo (RAT), sebagai tersangka.

Desakan itu disampaikan Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM), Iwan Sumule, saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL melalui sambungan telepon, Sabtu (1/4).

“Semestinya dilakukan pembersihan total di Kemenkeu,” tegas Iwan.

Menurut Iwan, KPK juga harus berani menindaklanjuti temuan Menko Polhukam Mahfud MD soal adanya transaksi mencurigakan sebesar Rp349 Triliun di kementerian yang dinakhodai Sri Mulyani Indrawati tersebut.

“Jangan hanya RAT yang dijerat atau diproses hukum, apalagi RAT diproses hukum dan ditersangkakan KPK, bukan berawal dari terkuaknya transaksi mencurigakan 349 Triliun di Kemenkeu,” tegas aktivis senior itu.

Ironinya, lanjut Iwan, skandal keuangan yang melibatkan pejabat di Ditjen Pajak dan Bea Cukai Kemenkeu itu bukan baru kali ini saja terjadi. Sehingga untuk mengembalikan kepercayaan publik agar taat bayar pajak, maka mutlak temuan transaksi ratusan triliun di Kemenkeu tersebut harus ditindaklanjuti lembaga antirasuah.

“Harus bersih-bersih total,“ tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA