Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buntut Tolak Timnas Israel, Ganjar Mulai Dicap Jadi Kelompok Seberang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 02 April 2023, 13:39 WIB
Buntut Tolak Timnas Israel, Ganjar Mulai Dicap Jadi Kelompok Seberang
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo/Net
rmol news logo Sikap Ganjar Pranowo yang tegas menolak kehadiran Tim U-20 Israel dalam ajang Piala Dunia U-20 menguatkan sentimen negatif terhadap Gubernur Jawa Tengah itu.

Elektabilitas Ganjar pun terancam terjun bebas menyusul keluarnya keputusan FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Padahal kader PDIP itu kerap digadang jadi bacapres 2024 paling diminati publik. Bahkan banyak lembaga survei yang menempatkan Ganjar di posisi puncak.

"Ganjar saat ini dalam posisi sulit," kata Direktur Lembaga Riset Lanskap Politik Indonesia, Andi Yusran, saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (2/4).

Menurut Andi, modal sosial Ganjar yang selama ini terbangun dan membuat elektabilitasnya moncer adalah dukungan dari pemilih sosiologis yang berbasis nasionalis dan kultural.

"Dukungan dari basis tersebut akan mengalami penggerusan akibat batalnya Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia dan Ganjar diidentifikasi sebagai salah satu faktor penyebab kegagalan tersebut," jelasnya.

Sementara itu, posisi Ganjar yang searah dengan kelompok Islam kanan dalam kasus penolakan Israel sepertinya sulit mendapatkan simpati dari pemilih ideologis tersebut.

"Ini karena Ganjar terlanjur diidentifikasi sebagai kelompok seberang dalam spektrum politik Indonesia kekinian," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA