Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Senang Jika KIB dan KKIR Gabung, Jokowi: Saya Bilang Cocok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 02 April 2023, 15:39 WIB
Senang Jika KIB dan KKIR Gabung, Jokowi: Saya Bilang Cocok
Silaturahmi Jokowi bersama lima ketua umum partai politik di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan/Ist
rmol news logo Lima ketua umum partai politik dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) menghadiri acara Silaturahmi Ramadhan bersama Presiden Joko Widodo, di Kantor DPP PAN, Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan, Minggu (2/4).

Adapun kelima ketum parpol yang hadir dalam silaturahmi yaitu Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Plt Ketum PPP Mardiono.

Dalam pertemuan tersebut muncul wacana pembentukan koalisi besar, dengan menggabungkan dua koalisi yang digawangi oleh Gerindra dan PKB yakni KKIR dengan Golkar, PAN dan PPP yang tergabung di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Presiden Joko Widodo kelihatannya senang jika kedua koalisi ini bergabung, karena akan menjadi koalisi besar lantaran berisi lima partai politik. 

"Cocok. Saya hanya bilang cocok," kata Jokowi saat ditemui di kantor DPP PAN.

Namun begitu, keputusan untuk menggabungkan dua koalisi tersebut ada di tangan para ketua umum partai politik. Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada lima ketum parpol yang berada di dalam koalisi pemerintahan ini.

"Terserah kepada ketua-ketua partai atau gabungan ketua partai. Untuk kebaikan negara untuk kebaikan bangsa untuk rakyat, hal yang berkaitan bisa dimusyawarahkan itu akan lebih baik," katanya.

Presiden dua periode ini menambahkan, tidak mau ikut campur mengenai pembentukan koalisi besar.

"Nanti ditanyakan urusan itu, ditanyakan kepada ketua partai atau gabungan partai yang sudah ada. Jangan ditanyakan kepada saya," tutup Jokowi. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA