Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Farah.ID

Komisi III DPR Minta Mahfud MD Jelaskan Detail Satgasus Penelusuran Rp 349 Triliun

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 11 April 2023, 13:55 WIB
Komisi III DPR Minta Mahfud MD Jelaskan Detail Satgasus Penelusuran Rp 349 Triliun
Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani/Net
Komisi III DPR RI meminta Menko Polhukam yang juga Ketua Komite Koordinasi Pemberantasan dan Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Mahfud MD untuk menjelaskan secara detail soal Satuan Tugas Khusus (Satgasus) yang bertugas menelusuri transaksi keuangan mencurigakan senilai Rp 349 triliun di Kementerian Keuangan.

"Kami di Komisi III akan memberikan dukungan yang diperlukan dalam konteks tugas dan fungsi DPR untuk menindaklanjuti soal ini," ujar anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani dalam keterangannya, Selasa (11/4).

Atas dasar itu, dalam rapat kerja Komisi III DPR RI bersama Komite TPPU dengan agenda pembahasan transaksi mencurigakan di Kementerian/Lembaga pada hari ini, Arsul meminta Mahfud MD bisa menjelaskan hal tersebut.

Dalam raker nanti, Mahfud MD dan Kepala PPATK selaku sekretaris Komite TPPU serta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati selaku anggota Komite TPPU dijadwalkan hadir dan kembali memberikan penjelasan atas transaksi mencurigakan Rp 349 triliun.

“Tentu penjelasan yang lebih mendalam diperlukan di forum rapat Komisi III," katanya.

Meski begitu, Wakil Ketua Umum PPP itu menekankan bahwa pada prinsipnya Komisi III DPR RI menyambut baik terbentuknya Satgasus tersebut,

"Satgasus atau tim dengan nama lain, itu  instrumen dalam rangka menindaklanjuti atau follow up terhadap temuan. Kami tentu menyambutnya secara positif," pungkas Arsul.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA