Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Charta Politika: Elektabilitas Jaro Ade Tertinggi dalam Bursa Calon Bupati Bogor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 14 April 2023, 14:29 WIB
Survei Charta Politika: Elektabilitas Jaro Ade Tertinggi dalam Bursa Calon Bupati Bogor
Ade Ruhandi alias Jaro Ade/Net
rmol news logo Bursa calon presiden memang dominan mewarnai lembaga survei saat ini. Tetapi, perlahan lembaga survei juga mulai memanaskan bursa calon kepala daerah jelang Pilkada 2024.

Seperti lembaga survei Charta Politika Indonesia, yang merilis hasil survei terbaru elektabilitas calon Bupati Bogor 2024. Pada survei itu, Ade Ruhandi alias Jaro Ade berada di posisi teratas.

Peneliti Charta Politika Ardha Ranadireksa mengatakan, elektabilitas Jaro Ade unggul dari anggota DPR RI Elly Rachmat Yasin dan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan.

“Nama Ade Ruhandi mendapatkan elektabilitas tertinggi ketika dilakukan pertanyaan secara tertutup, yakni di angka 30 persen,” kata Ardha Ranadireksa dalam keterangan tertulis, Jumat (14/4).

Ardha mengatakan, mantan Kepala Desa Cileuksa itu unggul dibanding Elly Yasin yang meraih 17,5 persen dan Iwan Setiawan dengan raihan 14,3 persen.

Kemudian di bawahnya ada Anggota DPRD Jabar Asep Wahyuwijaya dengan 4,3 persen, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto dengan 2,0 persen, lalu Sekda Pemkab Bogor Burhanudin 1,8 persen, dan Mantan Ketua Perpani Adang Suptandar dengan 1,1 persen.

Kemudian terdapat enam nama yang kompak mendapat 0,2 persen. Yakni TB Luthfi Syam, Syarifah Sofiah, Rustandi, Mike Kaltarin, Makmun Nawawi, dan Iyus Fitriadi. Serta masih ada responden yang menyatakan tidak menjawab atau tidak tahu sebanyak 27,5 persen.

Survei ini dilaksanakan tanggal 21-27 Maret 2023 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Jumlah sampel sebanyak 440 responden yang tersebar di 40 kecamatan di Kabupaten Bogor. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat dengan margin of error kurang lebjh 4,67 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA