Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakar: Rongrongan Saut ke Firli Bahuri Diibaratkan Tarian Kepentingan Anies

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 20 April 2023, 14:12 WIB
rmol news logo Tudingan yang disampaikan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2014-2019, Saut Situmorang, kepada Ketua KPK periode 2019-2023, Firli Bahuri, dinilai sebagai rongrongan kelompok politik mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu pandangan yang disampaikan Pakar kebijakan publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, mengenai tudingan Saut yang berujung tuntutan kepada Firli agar mundur sebagai Ketua KPK.

“Tidak boleh kemudian (KPK) larut atau jika diibaratkan ikut 'genderang tarian kepentingan' kelompok tertentu, termasuk di dalamnya kelompok Pak Saut,” ujar Trubus saat dihubungi, Kamis (20/4).

Saut yang menuding Firli bermain perkara, justru kini tengah bermain dengan orang-orang politik. Sebabnya, ia beberapa waktu lalu ikut dalam acara peresmian Sekretariat Relawan Bersama Anies Baswedan Menuju Indonesia 1 (BRANI 1), di Jakarta.

“Justru di sinilah KPK harus menunjukkan sebagai lembaga antirasuah yang punya kapasitas kelembagaan, yang tidak terkait kelompok-kelompok tertentu,” tuturnya.

Maka dari itu Trubus memandang, KPK sebagai lembaga antirasuah harus menjalankan peran dan fungsinya secara profesional, dan tidak terpengaruh kepentingan politik Anies Baswedan dan kelompoknya.

“KPK harus tetap dalam on the track pada tupoksinya, melakukan proses penidakan terhadap kasus Formula E,” ucapnya.

“Dalam arti, jika bukti sudah terkumpul secara profesional melanjutkan ke tingkat penyidikan,” demikian Trubus menambahkan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA