Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dibayangi Kepentingan Istana, KIB Sulit Mandiri Tentukan Capres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 28 April 2023, 13:43 WIB
Dibayangi Kepentingan Istana, KIB Sulit Mandiri Tentukan Capres
Tiga ketua umum partai politik anggota KIB usai melakukan pertemuan di kediaman Airlangga Hartarto, Kamis malam (27/4)/RMOL
rmol news logo Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diklaim hingga kini masih solid.

Padahal, PPP sudah terang-terangan mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo yang merupakan kader PDI Perjuangan sebagai bakal capres (bacapres) 2024.

Menurut Direktur Lembaga Riset Lanskap Politik Indonesia, Andi Yusran, hal ini terjadi lantaran KIB sejak awal memang didesain untuk memenuhi hasrat dan kepentingan Istana.

"Koalisi tersebut memang dipersiapkan oleh Istana untuk mengusung kandidat tertentu," kata Andi saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (28/4).

Analis Politik Universitas Nasional itu memperkirakan, dukungan PPP kepada Ganjar kemungkinan akan segera diikuti oleh PAN dan Golkar.

Salah satu faktornya, ditegaskan Andi Yusran, karena KIB akan sulit untuk menentukan siapa capres yang akan diusung bersama.

"Partai yang tergabung dalam KIB sulit mandiri menentukan kandidat capres atau cawapres karena di bawah bayang-bayang kepentingan Istana," tandas Andi Yusran. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA