Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PAN Diprediksi Susul PPP Dukung Ganjar, Marwah Golkar Terjaga Jika Bareng Gerindra

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 28 April 2023, 14:19 WIB
PAN Diprediksi Susul PPP Dukung Ganjar, Marwah Golkar Terjaga Jika Bareng Gerindra
Ketum Golkar Airlangga Hartarto saat menemui Ketum Gerindra Prabowo Subianto dalam momen silaturahmi Idulfitri/Net
rmol news logo Sikap sejumlah partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), dinilai sudah tidak sama. Skenario pencapresan dari barisan ini pun diprediksi tidak lagi seperti yang direncanakan.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menilai, sejak PDI Perjuangan mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres, parpol anggota KIB sudah mulai mbalelo, seperti PPP yang ikut mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo.

“Jadi kalau hari ini PPP mendeklarasikan Ganjar, tidak aneh, tidak heran karena memang konstruksinya untuk mendukung Ganjar,” kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (28/4).

Ia menjelaskan, sikap mbalelo akan juga diikuti oleh PAN yang belakangan juga menyebut nama Ganjar sebagai bakal capres yang akan diusungnya. Padahal, KIB sedari awal disinyalir bakal mengusung Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto.

“PAN ini akan menyusul dukung Ganjar. Karena kita ketahui sebelum PPP deklarasi, PAN sudah mengendorse nama Ganjar dalam rakornasnya di Semarang beberapa bulan lalu,” tuturnya.

Maka dari itu, posisi KIB saat ini dinilai terancam oleh Ujang. Sehingga, Golkar sebagai motor utama dari poros koalisi ini harus menjaga marwahnya sebagai parpol terbesar kedua secara nasional.

Salah satu caranya, menurut dosen ilmu politik Universitas Al-Azhar Indonesia ini, harus merapat ke poros koalisi Gerindra yang akan mengusung ketua umumnya, Prabowo Subianto, agar marwahnya tetap terjaga.

“Bisa disisakan satu (parpol anggota KIB). Golkar harus dukung Prabowo, kelihatannya seperti itu arah-arahnya,” demikian Ujang menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA