Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Menurunkan Marwah dan Kesakralan Istana Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 04 Mei 2023, 17:18 WIB
Jokowi Menurunkan Marwah dan Kesakralan Istana Negara
Para ketua umum parpol pendukung pemerintah yang diundang ke Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo/Ist
rmol news logo Presiden Joko Widodo dianggap telah menjadikan Istana Negara sebagai markas partai politik untuk melakukan konsolidasi pemenangan Pemilu 2024. Marwah dan kesakralan Istana Negara pun turun  

Menurut analisis pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, Jokowi telah menyakiti kelompok atau golongan tertentu dengan menjadikan Istana Negara, yang merupakan simbol semua golongan, hanya untuk kelompok tertentu.

“Presiden akan dinilai sebagai sosok yang hanya mengakomodir sekelompok orang saja. Hal ini tentu akan menyakitkan bagi golongan yang terwakili,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (4/5).

Selain itu, Jokowi juga menurunkan marwah Istana Negara dengan mengumpulkan ketua umum partai politik kalau memang menyelipkan agenda transaksi politik di dalam perbincangannya.

“Hal itu juga dapat menurunkan kesakralan Istana yang selama ini dianggap sebagai simbol semua golongan. Istana dianggap rumahnya semua anak bangsa, bukan rumah sekelompok orang,” demikian Jamiluddin. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA