Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Covid-19 Melonjak Lagi, Karena Mobilisasi Massa Waktu Lebaran?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 05 Mei 2023, 16:53 WIB
Kasus Covid-19 Melonjak Lagi, Karena Mobilisasi Massa Waktu Lebaran?
Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman/Net
rmol news logo Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia yang kembali meningkat, mulai dari akhir April hingga awal Mei 2023 ini, diprediksi sebabnya karena mobilisasi massa yang cukup tinggi ke berbagai daerah.

Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman menjelaskan, mobilisasi massa masih menjadi penyebab utama penyebaran virus Covid-19 terjadi.

Satu momen yang membuat mobilisasi massa massa cukup tinggi, disebutkan Dicky, adalah perayaan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriyah di kampung halaman oleh para transmigran.

"Tidak bisa dipungkiri adanya peran tingginya mobilisasi, tingginya aktifitas masyarakat di masa mudik dan balik ini," ujar Dicky saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (5/5).

Dia menguraikan, saat ini telah ditemukan sub varian Covid-19 baru yang diberi nama Arcturus atau XBB 1.16 yang memiliki pola penularan yang cukup cepat.

"Ini data India, ada 2,5 persen peningkatan transmisi penularan terjadi. Ini jauh lebih tinggi, walupun dipengaruhi beberapa faktor," urainya.

Maka dari itu, data awal dari India itu seharusnya menjadi rujukan bagi pemerintah Indonesia untuk waspada, agar tidak terjadi peningkatan yang lebih pesat dari hari ini.

"Kalau ini terjadi, maka itu akan membikin beban besar di layanan kesehatan. Apalagi sistem layanan kesehatan kita masih belum cukup mengalami peningkatan atau perbaikan dalam merespon situasi," demikian Dicky menambahkan.

Berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Kamis kemarin (4/5), terdapat 2.417 kasus positif baru.

Jika dibandingkan dengan data saat lebaran Idulfitri, pada Sabtu (22/4), jumlah kasus positif baru hanya sebanyak 752 orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA