Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bendera Terbalik, Indonesia Sudah Dua Kali Dipermalukan di SEA Games

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 06 Mei 2023, 09:00 WIB
Bendera Terbalik, Indonesia Sudah Dua Kali Dipermalukan di SEA Games
Insiden bendera Merah Putih terbalik di pra upacara pembukaan SEA Games 2023 di Kamboja/Repro
rmol news logo Rangkaian pembukaan SEA Games 2023 di Kamboja menyisakan kekecewaan bagi Indonesia sebagai salah satu negara peserta. Pasalnya, bendera Merah Putih terpasang dengan posisi terbalik seperti bendera Polandia.

Peristiwa tersebut terjadi saat pra upacara pembukaan di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (5/5). Dari 11 negara peserta SEA Games 2023, hanya bendera Indonesia yang dikibarkan terbalik oleh para penari saat mengiringi penyanyi lokal Kamboja.

Indonesia melalui Komite Olimpiade Indonesia (NOC) sudah melayangkan surat protes kepada Kamboja atas insiden memalukan itu. Surat bahkan dilayangkan secara resmi bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 pada 5 Mei yang ditandatangani Plt Sekjen NOC, Harry Warganegara kepada Sekjen NOC Kamboja dan CEO CAMSOC, Vath Chamroeun.

Dalam keterangan Harry, Kamboja sudah menyampaikan permintaan maaf atas insiden tersebut. Ia pun memastikan insiden tersebut terjadi saat pra upacara pembukaan, bukan saat opening ceremony.

"Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony," kata Harry.

Mirisnya, insiden bendera terbalik bukan kali pertama dialami Indonesia. Pada SEA Games 2017 yang digelar di Malaysia, Merah Putih juga terpampang terbalik. Hal itu terlihat dalam buku panduan yang dibagikan kepada tamu undangan SEA Games 2017.

Sama seperti di Kamboja, kesalahan cetak bendera ini juga hanya terjadi pada Indonesia. Sementara belasan negara peserta tercetak tanpa kesalahan. rmol news logo article 
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA