Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bacaan Jamiluddin Ritonga soal Peluang Golkar Gabung Koalisi Perubahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 09 Mei 2023, 21:44 WIB
Bacaan Jamiluddin Ritonga soal Peluang Golkar Gabung Koalisi Perubahan
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat temui Jusuf Kalla/RMOL
rmol news logo Pertemuan Surya Paloh dengan Airlangga Hartarto, Luhut Binsar Panjaitan, dan Jusuf Kalla mengesankan ingin mengajak Golkar bergabung ke Koalisi Perubahan.

Demikian pendapat pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (9/5).

Menurut Jamiluddin, kesan ajakan bergabung beralasan mengingat posisi Golkar yang kurang menguntungkan di KIB paska PPP mencalonkan Ganjar Pranowo menjadi capres.

Ketidakpastian itu tentu membuka celah Golkar berpindah haluan,"demikian kata Jamiluddin.

Bacaan Jamiluddin, indikasi ajakan lebih kuat mengingat Surya juga menemui Jusuf Kalla. Sebab, Jusuf Kalla selama ini ada kedekatan hubungan dengan Anies Baswedan sejak di Universitas Paramadina.

Bahkan, kata Jamiluddin, Jusuf Kalla juga banyak berperan dalam kemenangan Anies dalam Pilkada DKI Jakarta tahun 2017. Artinya, kedekatan itu dengan sendirinya membuat Jusuf Kalla lebih pro ke Anies.

"Karena itu, ada kemungkinan Surya mendekati Jusuf Kalla untuk memperkuat pencapresan Anies. Harapannya, JK dapat mempengaruhi elite Golkar untuk pindah haluan ke Koalisi Perubahan," tandas Jamiluddin.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA