Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Delegasi Tiba di Tanah Air, Bantuan ke Vanuatu Tersalurkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 11 Mei 2023, 15:11 WIB
Delegasi Tiba di Tanah Air, Bantuan ke Vanuatu Tersalurkan
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Letjen Suharyanto/Ist
rmol news logo Tim Delegasi Kemanusiaan Republik Indonesia yang menyalurkan paket bantuan kemanusian untuk korban bencana Siklon Judy dan Kevin di Vanuatu telah kembali ke Tanah Air, Kamis (11/5).

Rombongan yang dipimpin Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB, Letjen Suharyanto ini telah selesai menyalurkan bantuan senilai Rp 7,12 miliar kepada Vanuatu.

Alhamdulillah tim dari pemerintah Republik Indonesia telah mengantar dan menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat dan pemerintah Republik Vanuatu,” kata Muhadjir.

Selain menyalurkan bantuan yang dibawa, Indonesia juga berencana akan turut serta memperbaiki gedung VIP di Bandara Port Vila yang hancur akibat bencana Siklon.

Sementara itu, Kepala BNPB, Letjen Suharyanto menyebutkan, Indonesia telah dua kali memberi bantuan kepada Vanatu selama pemerintahan Presiden Joko Widodo. Salah satunya saat bencana angin topan pada tahun 2015 dengan menyalurkan bantuan senilai 2,2 juta dolar AS.

“Ini membuktikan bahwa Indonesia tidak memandang negara manapun dan tidak terkait dengan hubungan diplomatik. Ketika negara mengalami kesulitan dan meminta bantuan, kita (Indonesia) berangkat,” jelas Suharyanto.

Vanuatu telah mengumumkan keadaan darurat setelah dilanda gempa magnitudo 6,5 pada Jumat (3/3). Bahkan di hari sebelumnya, negara ini juga dilanda topan Judy yang memicu kerusakan serta banjir di hampir seluruh 83 pulau di Vanuatu. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA