Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hasil Survei Capres Imbang, Pangi: Sosok Cawapres Jadi Penentu Kemenangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Sabtu, 13 Mei 2023, 11:50 WIB
Hasil Survei Capres Imbang, Pangi: Sosok Cawapres Jadi Penentu Kemenangan
Pangi Syarwi Chaniago/Ist
rmol news logo Setelah sosok calon presiden (Capres) mengemuka, kunci kemenangan selanjutnya adalah pemilihan sosok calon wakil presiden (Cawapres) yang tepat.

Peringatan itu disampaikan Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago, dalam sebuah diskusi online bertema 'Mengejar Cawapres', Sabtu (13/5).

"Jangan-jangan kunci kemenangan Pemilu justru ada di Cawapres. Pertarungannya memang Capres, tapi kontestasinya justru ada di pemilihan Cawapres," kata Pangi.

Dia juga menyebut tiga alasan penting sosok Cawapres. Pertama, pada Pemilu 2024 nanti tidak ada incumbent atau petahana yang maju. Artinya, sosok Cawapres penting, untuk mendongkrak suara pasangan calon.

Faktor kedua, selisih perbedaan hasil survei antara Capres Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan, sangat tipis. Maka sosok Cawapres yang dipilih harus mempertimbangkan kemampuan mendongkrak suara Capres.

"Jadi saat ini masih sangat dinamis, dan peluang ketiga Capres relatif berimbang. Ini membuat faktor Cawapres jadi penentu kemenangan," kata Pangi.

Alasan terakhir, Pangi menyebut sosok Cawapres harus mampu membawa pemilih membedakan satu kandidat dengan kandidat lainnya. Apalagi banyak anak muda, pemilih pemula, yang baru pertama kali menggunakan hak suara.

"Kenapa Cawapres penting? Saya mencermati, tidak ada yang terlalu strong votersnya, masih ada migrasi-migrasi. Ketika belum ada pilihan yang mantap maka akan terjadi migrasi, dan penentunya sosok Cawapres," tutup Pangi.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA