Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jusuf Kalla: Anies Baswedan Sosok Paling Mendekati Kriteria Presiden

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 14 Mei 2023, 19:54 WIB
Jusuf Kalla: Anies Baswedan Sosok Paling Mendekati Kriteria Presiden
Mantan Wapres RI, Jusuf Kalla di kanal YouTube Tribunnews/Repro
rmol news logo Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan dianggap sebagai sosok yang paling mendekati kriteria sebagai presiden.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu diungkapkan langsung oleh Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) dalam video wawancara yang diunggah di kanal YouTube Tribunnews berjudul "[Wawancara Eksklusif] Jusuf Kalla: Anies Baswedan Paling Memenuhi Kriteria Sebagai Presiden" yang diunggah pada Sabtu (13/5).

JK mengatakan, dirinya memilih seseorang bukan hanya karena kedekatan, melainkan memilih berdasarkan kriteria, yaitu punya leadership yang kuat, punya pengalaman, punya kecerdasan, dan punya track record baik.

"Kalau negara besar ini tanpa diurus oleh orang tidak berpengalaman, untuk jadi walikota boleh lah, tapi kalau ngurus negeri dengan penduduk 270 (juta orang), yang luas wilayahnya tanpa pengalaman kepemerintahan, wah susah," ujar JK seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (14/5).

JK pun menceritakan ketika Pilpres 2014 lalu ketika Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memintanya untuk mendampingi Joko Widodo. Menurut JK, dirinya diminta untuk mendampingi Jokowi karena dianggap berpengalaman di pemerintahan.

"Nah dari kriteria-kriteria itu, menurut saya yang paling mendekati Anies," kata JK.

Mengingat kata JK, Anies telah memiliki pengalaman, yakni pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), dan menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Malah kalau Pak Jokowi hanya dua tahun jadi gubernur, menteri tidak pernah. Karena itu ya saya dampingi (saat Pilpres 2014) untuk lebih efektif," pungkas JK.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA