Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPR Minta Masyarakat Lapor Jika Diajak "Damai di Tempat" saat Ditilang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Rabu, 17 Mei 2023, 23:15 WIB
DPR Minta Masyarakat Lapor Jika Diajak "Damai di Tempat" saat Ditilang
Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan saat ditemui di Gedung DPR RI/RMOL
rmol news logo DPR imbau masyarakat aktif melapor ke platform pengaduan seperti lapor.go.id bila menjadi korban pungutan liar saat ditilang atau bahasa populernya 'damai ditempat'.

"Sekarang ini kan kita sudah begitu terbukanya punya yang namanya lapor.go.id, kita punya pos pengaduan di Ombudsman RI di sektor kepolisian kita punya juga layanan," kata Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (17/5).

Bahkan, Arteria menyebut sistem pelaporan sekarang sangat cepat dan bisa terhubung langsung ke pejabat Polri yang berada di masing-masing satuan kerja.

"Bahkan Pak Kapolri sendiri punya hotline tersendiri apabila ada pengaduan jadi engga usah khawatir," kata Arteria.

Lanjut Arteria, langkah pengaduan juga menjadi bahan evaluasi untuk kinerja Polri kedepan.

“Polisi sedang reformasi diriya dengan begitu hebat," kata Arteria.

Saat ini, polisi kembali memberlakukan tilang manual hasil evaluasi pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri di lapangan. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menuturkan hasil evaluasi pihak Korlantas beberapa waktu lalu, tidak semua daerah tercover dengan E-TLE.

Selain itu, pihak kepolisian mendapatkan laporan masyarakat. Seperti, beberapa kejadian kecelakaan di jalan karena melanggar aturan lalu lintas yang tidak terdeteksi dengan E-TLE.

“Misalnya ada yang bonceng tiga, kemudian tidak menggunakan helm, kecelakaan kecelakaan itu seolah-olah terjadi di depan mata petugas tapi tidak bisa di apa-apain karena tidak tercover dengan ETLE,” kata Irjen Sandi Nugroho saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (16/5). rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA