Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Targetkan Defisit APBN di Bawah 3 Persen dari PDB, Cara Sri Mulyani Kendalikan Utang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 19 Mei 2023, 16:03 WIB
Targetkan Defisit APBN di Bawah 3 Persen dari PDB, Cara Sri Mulyani Kendalikan Utang
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPR RI, Puan Maharani/Repro
rmol news logo Target defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam rancangan tahun 2024, dipatok lebih rendah dari 3 persen. Salah satu langkah yang dilakukan, yakni meminimalisir nilai utang.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPR RI, Puan Maharani, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (19/5).

“Untuk mendukung kebijakan fiskal yang tetap ekspansif, terarah, dan terukur dalam rangka percepatan transformasi ekonomi, defisit direncanakan berkisar 2,16 persen hingga 2,64 persen dari PDB (produk domestik bruto),” ujar Sri Mulyani.

Ia menjelaskan, dalam kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal tahun 2024, upaya untuk mendorong pembiayaan yang pruden, kreatif, inovatif, dan berkesinambungan ditempuh dengan meminimalisir utang.

“Antara lain dengan mengendalikan rasio utang dalam batas manageable di kisaran 38,07 persen hingga 38,97 persen dari PDB,” katanya.

Oleh karena itu, Sri Mulyani meyakini, langkah kebijakan pembiayaan yang disusun untuk tahun 2024, salah satunya dapat mendukung kebijakan fiskal yang ekspansif, terarah, dan terukur untuk mendukung transformasi ekonomi.

“Kebijakan pembiayaan diarahkan untuk mendorong pembiayaan yang inovatif, pruden, dan berkesinambungan ,” klaimnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA