Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kegagalan Reformasi Diungkap Mahasiswa Jawa Barat-Banten di Depan Gedung DPR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 21 Mei 2023, 18:59 WIB
Kegagalan Reformasi Diungkap Mahasiswa Jawa Barat-Banten di Depan Gedung DPR
Mahasiswa Jawa Barat-Banten saat aksi di depan Gedung DPR/MPR/RMOL
rmol news logo Sejumlah mahasiswa dari 10 universitas di Jawa Barat-Banten, melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung DPR RI, Senayan, Minggu (21/5).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk kekecewaan mereka terhadap pemerintah yang gagal membawa perubahan terhadap Indonesia ke arah yang lebih baik.

"Kami, mahasiswa Jawa Barat-Banten  menilai bahwa cita-cita Reformasi untuk memberantas korupsi dan pengkonsolidasian demokrasi yang substansial, tidak diwujudkan dengan sungguh-sungguh," kata Haris Aufa salah satu mahasiswa yang turun ke jalan ketika dikonfirmasi Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (21/5).

Menurutnya, reformasi gagal dibuktikan dari kohabitasi antara konglomerasi dan politisi di era orde baru yang masih bertahan dalam kekuasaan hingga hari ini.

"Pemilu yang sarat politik klientelisme, kegagalan partai politik menjalankan fungsinya di tengah masyarakat hingga upaya-upaya pelemahan terhadap civil society," ujarnya.

Atas dasar permasalahan-permasalahan tersebut, kata Haris, mengakibatkan banyaknya pejabat yang terlibat dalam kasus korupsi, mulai dari level daerah hingga tingkat pusat.

Selain itu, kata Haris, kegagalan reformasi juga menghasilkan produk-produk kebijakan yang tidak berpihak pada kepentingan rakyat.

"Produk-produk kebijakan seperti UU KPK, UU Minerba, UU Ibukota Negara, UU Cipta Kerja, UU KUHP, Wacana Penundaaan Pemilu dan masih banyak lainnya yang mendapatkan penolakan keras dari banyak masyarakat, tetap disahkan," tegasnya.

"Bagian paling penting, reformasi gagal melahirkan civil society yang mapan," demikian Haris.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA