Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Laksanakan Perintah Presiden, Budi Karya Bersama Ganjar Resmikan Pembangunan Terminal Purworejo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 22 Mei 2023, 04:30 WIB
Laksanakan Perintah Presiden, Budi Karya Bersama Ganjar Resmikan Pembangunan Terminal Purworejo
Groundbreaking Terminal Bus Tipe A di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah/Ist
rmol news logo Menteri Perhubungan didampingi Gubernur Jawa Tengah meresmikan dimulainya pembangunan atau groundbreaking Terminal Bus Tipe A di Kabupaten Purworejo, Minggu (21/5).

Dalam sambutannya, Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pembangunan Terminal Bus Tipe A Purworejo ini adalah wujud menerjemahkan perintah Presiden Joko Widodo dalam upaya membangkitkan angkutan massal.

Rencananya, kata Budi Karya, pembangunan terminal akan rampung pada Desember tahun ini.

“Desember ini jadi, insyaAllah. Supaya masyarakat lebih senang. Jadi kita di Makassar ada, Palembang ada, Purworejo juga ada (terminal baru),” kata Budi Karya.

Sementara, Ganjar Pranowo berharap terminal ini dapat memudahkan mobilisasi masyarakat antar daerah dan juga meningkatkan perekonomian masyrakat sekitar.

Terminal baru itu terletak di Jalan Gajah Mada Kecamatan Banyuurip, atau depan Mapolres Purworejo. Lokasinya berjarak 1 kilometer dari bangunan terminal lama yang aset lahannya milik desa.

“Ini terminal nanti fungsinya akan digandakan. Mungkin space tidak terlalu luas tapi secara fungsional akan lebih maksimal. Kesempatan untuk Pemkab (Purworejo) bisa mengoptimalkan,” kata Ganjar.

Adapun pembangunan terminal baru ini menelan anggaran hingga Rp 35 miliar. Terminal ini nantinya akan dikembangkan menjadi terminal terpadu dengan basis Transit Oriented Development atau TOD.

Terminal terpadu tersebut dapat berfungsi sebagai perkantoran, pusat bisnis, pusat perbelanjaan dan aktivitas penunjang ekonomi lainnya. Selain itu, juga akan ada area hall seluas 400 meter persegi yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan serbaguna. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA