Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gubernur Kalteng Tunda Pelantikan Penjabat Bupati Barito Selatan dan Kotawaringin Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 22 Mei 2023, 23:51 WIB
Gubernur Kalteng Tunda Pelantikan Penjabat Bupati Barito Selatan dan Kotawaringin Barat
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memutuskan membatalkan pelantikan Penjabat Bupati Barito Selatan dan Kotawaringin Barat. Pembatalan ini, diambil sekalipun persiapan sudah mencapai hingga 95 persen.

Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin mengatakan, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo merupakan wakil pemerintah pusat di daerah serta tunduk dan patuh terhadap keputusan pemerintah pusat yakni Kementerian Dalam Negeri.

Namun, Nuryakin mengatakan, salah pertimbangan penundaan adalah untuk menjaga kearifan lokal. Di mana, ada gejolak protes terhadap rencana pelantikan itu.

"Hanya saja gubernur juga harus memerhatikan kearifan lokal karena adanya riak-riak protes masyarakat Dayak, baik yang disampaikan secara langsung maupun tidak langsung," ujar Nuryakin kepada wartawan, Senin (22/5).

Untuk itu, kata dia, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng sepakat melakukan koordinasi dengan jajaran Forkopimda dan para tokoh untuk mendengarkan masukan terkait hal itu.

Selain itu, gubernur juga tidak ingin karena adanya penolakan tersebut, Hari Jadi ke-66 Kalteng yang akan diperingati pada 23 Mei 2023, diwarnai aksi demo atau menggugat terhadap keputusan Mendagri terkait Pj Bupati Barito Selatan dan Kotawaringin Barat.

Sementara, untuk mengisi kekosongan jabatan bupati di Kabupaten Barito Selatan dan Kotawaringin Barat, maka ditunjuk Pelaksana Harian (Plh) Bupati.

Plh Bupati Barito Selatan adalah Sekretaris Daerah Barito Selatan Deddy Winarwan, sedangkan untuk Kotawaringin Barat adalah Sekretaris Daerah Kotawaringin Barat Juni Gultom. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA