Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Manajemen PGE Harus Transparan Soal Penerbitan Green Bonds 400 Juta Dolar AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 23 Mei 2023, 01:19 WIB
Pengamat: Manajemen PGE Harus Transparan Soal Penerbitan <i>Green Bonds</i> 400 Juta Dolar AS
Pekerja PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)/Ist
rmol news logo Manajemen PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) diminta harus menjelaskan kepada publik terkait hasil penerbitan surat utang berwawasan hijau atau green bonds, yang ditawarkan ke pasar global senilai 400 juta dolar AS.

Pengamat pasar modal  Fendy Susianto mengatakan, ada kewajiban manajemen PGE untuk menyampaikan pemberitahuan resmi kepada pemegang saham, termasuk publik, meskipun surat utang itu diterbitkan di luar negeri.

“Mengingat ini informasi material yang dapat memengaruhi nilai dan pergerakan saham PGE, seharusnya diumumkan sebagai bentuk keterbukaan,” kata Fendy dalam keterangan tertulis, Senin (22/5).

Patut disayangkan, kata dia, hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari manajemen PGE terkait dengan capaian tersebut. Informasi hanya dalam bentuk kabar kelebihan permintaan yang bersumber dari investment banker anonim.

Lanjutnya, jika pernyataan terkait dengan kelebihan permintaan terhadap green bond tersebut benar adanya, manajemen harus bangga menyampaikan secara terbuka.

Adapun PGE sebagai anak usaha PT Pertamina, tengah menerbitkan surat utang berwawasan hijau atau green bonds di luar wilayah Indonesia sebesar 400 juta dolar AS atau sekitar Rp6 triliun, dengan kupon 5,15 persen per tahun yang jatuh tempo pada tahun 2028.

PGEO bakal menggunakan dana hasil emisi obligasi untuk melunasi seluruh sisa utang jangka pendek sebesar 600 juta dolar AS yang akan jatuh tempo pada 23 Juni 2023.

Namun, perseroan hanya memangkas nilai emisi obligasi sebesar 400 juta dolar dari targer sebelumnya 600-800 juta dolar AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.