Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Momen Kebangkitan Nasional, Gen Z Asah Kreatifitas untuk Ciptakan Lapangan Kerja Berkualitas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 27 Mei 2023, 14:45 WIB
Momen Kebangkitan Nasional, Gen Z Asah Kreatifitas untuk Ciptakan Lapangan Kerja Berkualitas
Pelatihan kewirausahaan bagi gen z/Ist
rmol news logo Momen Hari Kebangkitan Nasional, harus menjadi momentum anak muda dalam meningkatkan keterampilan dalam berwirausaha. Terutama, dalam tujuan menciptakan lapangan kerja berkualitas.

Ketua Umum Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira), Diantri Lapian mengatakan, Indonesia di tahun 2045 mendatang akan mengalami bonus demografi yaitu sebesar 70 persen jumlah penduduk Indonesia dalam usia produktif. Sehingga, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi gen z sangat diperlukan.

"Jadi dengan persiapan dari sekarang, kami sangat menginginkan dapat membentuk SDM yang unggul, kompetitif, tangguh dan bisa membawa ekonomi Indonesia nanti maju," kata Diantri dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/5).

Diantri yang juga Ketua Umum UMKM Sahabat Sandi mengatakan, dia dan rekan-rekannya aktif menggelar pelatihan kewirausahaan bagi gen z dengan fokus pada pendidikan karakter, selama tiga tahun terakhir.

"Program ini sebenernya sudah berjalan 3 tahun oleh Pak Sandiaga Uno (Menteri Parekraf). Hal ini baik pelatihan soft skill yang diberikan seperti karakter wirausaha, personal branding, leadership, sehingga nanti membimbing mereka menjadi pengusaha baru," terangnya.

Dalam pelaksanaannya selama ini, dia mengungkapkan, siswa sangat antusias dan bersemangat mengikuti program pelatihan. Menurutnya, hal ini karena siswa sebelumnya tidak mendapatkan pelatihan tersebut baik di rumah maupun di sekolahnya.

"Mereka sangat antusias karena mungkin dengan diberikan pelatihan dan bimbingan di sekolah, mungkin di rumah mereka kurang banyak waktunya untuk belajar. Jadi ini sangat tepat kami sampaikan di sekolah agar mereka mengerti dan memahami," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA