Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendag Zulhas Bahas Komitmen Peningkatkan AANZFTA Bersama Mendag Selandia Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 27 Mei 2023, 21:08 WIB
Mendag Zulhas Bahas Komitmen Peningkatkan AANZFTA Bersama Mendag Selandia Baru
Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan dan Pengembangan Ekspor Selandia Baru, Damien O’Connor di Detroit, Amerika Serikat, Kamis (25/5)/Ist
rmol news logo Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan perdagangan dengan Selandia Baru di bawah payung Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN, Australia, dan Selandia Baru (AANZFTA). Untuk itu, diharapkan protokol kedua untuk mengamendemen AANZFTA dapat segera diselesaikan dan ditandatangani.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan saat bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Pengembangan Ekspor Selandia Baru Damien O’Connor, Kamis (25/5), di Detroit, Amerika Serikat.

“Indonesia terus menunjukkan komitmennya dalam penyelesaian peningkatan kerja sama AANZFTA. Ditandatanganinya Protokol Kedua untuk Mengamendemen AANZFTA pun menjadi salah satu capaian prioritas ekonomi Indonesia selaku Ketua ASEAN 2023,” kata Mendag Zulhas, sapaan karibnya.

Zulhas menambahkan, peningkatan AANZFTA bertujuan untuk lebih memfasilitasi dan memberikan manfaat bagi sektor bisnis. Peningkatan juga menjadi penting sebagai langkah antisipatif terhadap tantangan-tantangan yang dapat muncul di masa mendatang.

Selain membahas peningkatan AANZFTA, Zulhas dan Menteri Damien O’Connor juga membicarakan tentang kerjasama Indo-Pacific Economic Framework (IPEF). Menurutnya, Indonesia mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas, adil, terbuka, dan saling terhubung untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Saya juga mendukung agar IPEF memiliki capaian konkret sebagai bukti kepada konstituen bahwa IPEF memberikan manfaat nyata,” pungkasnya.

Adapun Indonesia resmi bergabung dengan IPEF pada 27 Mei 2022. Peluncuran Bersama IPEF dan Pertemuan Para Menteri dilaksanakan pada 23 Mei 2022 di Tokyo, Jepang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA