Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Sela Perundingan ICA-CEPA, Indonesia-Kanada Bahas Sertifikasi Halal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Sabtu, 27 Mei 2023, 22:56 WIB
Di Sela Perundingan ICA-CEPA, Indonesia-Kanada Bahas Sertifikasi Halal
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dan Menteri Perdagangan Internasional Kanada, Mary Ng/Ist
rmol news logo Indonesia dan Kanada mendorong segera direalisasikannya sertifikat halal, memanfaatkan momen rangkaian pertemuan menteri perdagangan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) dan Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF), di Detroit, Amerika Serikat, Jumat (26/5) waktu setempat.

Melalui rilis yang diterima redaksi Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (27/5), digambarkan, pertemuan bilateral antara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dan Menteri Perdagangan Internasional Kanada, Mary Ng, berlangsung hangat, Jumat pagi (26/5).

Pada kesempatan itu Menteri Mary Ng menyampaikan selamat atas sukses Indonesia menggelar Presidensi G20 2022 dan Keketuaan ASEAN 2023.

Dia juga menyampaikan harapan agar dapat segera menyelesaikan perundingan Indonesia?"Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA), serta dapat segera mewujudkan komitmen kerjasama halal untuk produk?"produk Kanada.

Menanggapi itu, Menko Airlangga menyampaikan, “Penyelesaian Indonesia-Kanada CEPA merupakan salah satu prioritas presiden, selain itu juga mendorong terwujudnya kerja sama sertifikat halal Indonesia-Kanada”.

Seperti diketahui, kedua negara akan kembali bertemu untuk Perundingan Putaran ke-5 Indonesia?"Kanada CEPA, di Otawa, Kanada, pada 29 Mei?"2 Juni 2023.

Dengan adanya perjanjian dagang yang komprehensif dan kerjasama sertifikat halal, diharapkan dapat meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara, khususnya perdagangan dan investasi.

Kedua menteri juga berdiskusi tentang satuan tugas untuk kerja sama ekonomi Indonesia?"Kanada, sehingga implementasi kerja sama ekonomi dapat lebih pragmatis dan praktis.
 
Menteri Mary Ng juga menyampaikan ketertarikan Kanada untuk kerja sama dengan Indonesia di sektor critical minerals.

“Kami baru saja bertemu Vale Indonesia, kami melihat potensi kerja sama perihal teknologi dan input pada mining value chain agar sesuai TSM (Towards Sustainable Mining),” kata Menteri Mary Ng.

Pertemuan kedua menteri juga membahas kemungkinan Kanada berpartisipasi dalam IPEF. Turut hadir dalam pertemuan bilateral tersebut Menteri Perindustrian. Agus Gumiwang, dan Duta Besar RI untuk AS, Rosan Roeslani.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA