Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cawapres Tak Harus Populer, yang Penting Bawa Gerbong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 28 Mei 2023, 10:19 WIB
Cawapres Tak Harus Populer, yang Penting Bawa Gerbong
Direktur Eksekutif Fixpoll Indonesia, Mohammad Anas RA/Ist
rmol news logo Figur tak terduga dan tak populer, tapi membawa gerbong, bisa saja tiba-tiba menyeruak sebagai calon wakil presiden, mendampingi nama-nama Capres yang sudah ada.

Direktur Eksekutif Fixpoll Indonesia, Mohammad Anas RA, juga memprediksi akan muncul sosok Cawapres yang tidak pernah masuk radar aneka survei.

"Bisa saja akan muncul figur baru, yang tidak populer," kata Anas, saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (28/5).

Dia membenarkan, dinamika yang terjadi seperti 2019 memang seperti itu.

Seperti diketahui, Mahfud MD yang sudah mengukur baju, tiba-tiba on the last minute diganti Maruf Amin, yang tak pernah digadang-gadang sebelumnya.

"Jadi, calon wakil presiden untuk Ganjar, Prabowo dan Anies, tidak harus populer, sebab mereka bertiga sudah memenuhi standar popularitas sebagai Capres," sambungnya.

Lebih lanjut Anas merinci, ada lima variabel dalam menentukan Cawapres, yaitu kesamaan visi, chemistry, Parpol, gerbong, dan logistik.

"Yang menarik adalah pertimbangan basis Islam, dalam hal ini mengerucut ke tokoh NU, seperti KH Yahya Cholil Staquf, KH Said Aqil Siradj, KH Marsudi Syuhud, KH Miftahul Akhyar, dan KH Nasaruddin Umar," pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA