Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jatim Raih Juara Umum Anugerah Adinata Syariah KNEKS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 29 Mei 2023, 00:39 WIB
Jatim Raih Juara Umum Anugerah Adinata Syariah KNEKS
Wakil Presiden RI KH Maruf Amin serahkan penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di The Tower BSI Jakarta Selatan/Ist
rmol news logo Pemerintah Provinsi Jawa Timur berhasil meraih juara umum dalam ajang nasional bergengsi Anugerah Adinata Syariah besutan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Penghargaan juara umum tersebut secara khusus diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI KH Maruf Amin kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di The Tower BSI Jakarta Selatan.

Predikat Juara Umum Anugerah Adinata Syariah berhasil dikantongi lantaran Pemprov Jatim berhasil menyabet enam penghargaan sekaligus dari 10 kategori yang dikompetisikan.

"Alhamdulillah Jatim berhasil menjadi Juara Umum Anugerah Adinata Syariah. Tentu ini akan menjadi pemacu semangat kita bersama mewujudkan Jatim sebagai pusat industri halal di Indonesia,” kata Khofifah, dikutip Minggu (28/5).

Lebih lanjut ia menegaskan, perekonomian syariah memang telah lama menjadi salah satu fokus di Jatim. Sebab, sebagian besar penduduk Jatim merupakan umat muslim.

Selain itu, ada 6.864 pesantren yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jatim. Sehingga potensi industri halal dan keuangan syariah di Jatim begitu besar.

Tidak hanya itu, di tahun 2022, ekspor makanan minuman halal dari Jatim mencapai 3,7 Juta dolar AS. Begitu juga dengan ekspor tekstil yang tembus  170,1 Juta dolar AS, ekspor obat-obatan halal atau farmasi mencapai Rp 180,6 juta, dan juga ekspor kosmetik halal Jatim mencapai 27,3 juta dolar AS.

“Ini menjadi kekuatan kita dimana ekspor produk halal terus kami kuatkan. Pendampingan hingga kalangan IKM dalam mendapatkan sertifikasi halal terus kami lakukan. Saat ini 60 persen IKM di Jatim sudah tersertifikasi, dan 20 persen sedang proses sertifikasi,” tegasnya.

Keenam penghargaan yang diraih ialah Juara 1 Kategori Industri Halal, Juara 1 Kategori Inkubasi Usaha Syariah, Juara 2 Kategori Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi Pesantren, Juara 2 Kategori Zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat, Juara 1 Kategori Keuangan Mikro Syariah, dan Juara 5 Kategori Keuangan Syariah.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA