Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Mahfud: Belum Ada Keputusan MK, Sistem Proporsional Tertutup Hanya Analisa Orang Luar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 29 Mei 2023, 12:52 WIB
Menko Mahfud: Belum Ada Keputusan MK, Sistem Proporsional Tertutup Hanya Analisa Orang Luar
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat menggelar jumpa pers di Hotel The Westin, Jakarta Selatan/RMOL
rmol news logo Mahkamah Konstitusi (MK) belum memberi keputusan untuk gugatan sistem pemilu proporsional tertutup. Begitu tegas Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menanggapi isu yang beredar di masyarakat sejak Minggu (28/5).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Mahfud MD bahkan sudah memastikan langsung ke MK. Hasilnya, MK memang belum membuat keputusan mengenai gugatan tersebut.  

"Sudah beredar isu di luar bahwa sudah ada putusan dan sebagainya. Saya tadi memastikan ke MK apa betul itu sudah diputuskan? Belum," kata Mahfud MD di acara Rapat Koordinasi Nasional dengan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Hotel The Westin, Jakarta Selatan, Senin (29/5).

Atas dasar tersebut, Mahfud berkesimpulan bahwa kabar mengenai MK sudah memutuskan penggunaan sistem proporsional tertutup hanya spekulasi semata.   

"Itu hanya analisis orang luar yang mungkin melihat sikap-sikap para hakim MK lalu dianalisa sendiri. Tapi sidangnya sendiri secara tertutup baru akan dilakukan besok lusa,"ucapnya.

"Jadi belum ada keputusan yang resmi sudah diputus sekian, 6 banding 3, atau 5 banding 4 dan sebagainya belum ada," imbuhnya.

Pihaknya meminta masyarakat untuk menunggu keputusan resmi dari MK dan tidak perlu risau dengan sistem apapun yang diputuskan.

“Itu nanti yang risau kira-kira ya antar partai politik, antar calon. Nah itu tugas kita, tugas kita mengamankannya dan mengarahkan sesuai dengan hukum yang berlaku," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA