Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Punya Peluang, Duet Airlangga dan Zulhas Pasangan Realistis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 30 Mei 2023, 19:22 WIB
Punya Peluang, Duet Airlangga dan Zulhas Pasangan Realistis
Airlangga Hartarto dan Zulkifli Hasan/Net
rmol news logo Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan berpeluang menjadi pasangan Capres-cawapres di Pemilu 2024.

Demikian disampaikan Direktur Lembaga Riset Lanskap Politik Indonesia, Andi Yusran, saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (30/5).

"Golkar dan PAN memungkinkan berkoalisi mengusung Capres, dari sisi ini realistis," kata Andi Yusran.

Golkar dan PAN tidak perlu lagi memikirkan ambang batas pencalonan atau presidential threshold 20 persen perolehan kursi di DPR RI pada Pemilu 2019, untuk mengusung Airlangga-Zulhas di Pemilu 2024.

Sebab, pada Pemilu 2019, Golkar mendapatkan 85 kursi dan PAN 44 kursi. Jika digabung, keduanya sudah mempunyai 129 kursi. Lebih dari syarat minimal yakni 115 kursi.

Namun menurut Andi Yusran, dari sisi keterpilihan, Airlangga dan Zulkifli Hasan belum terlalu kuat untuk bertarung dengan jagoan dari koalisi lainnya.

Analisis Politik Universitas Nasional itu menegaskan, jika dipaksakan maka pasangan tersebut dikhawatirkan hanya menjadi sekedar pelengkap dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Baik Airlangga dan Zulhas sebaiknya bergabung dengan salah satu koalisi, sesama pendukung pemerintah," saran Andi Yusran. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA