Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DCS Sudah Berjalan, Kalau Ada Perubahan Sistem Seharusnya Berlaku pada Pemilu Berikutnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 30 Mei 2023, 20:57 WIB
DCS Sudah Berjalan, Kalau Ada Perubahan Sistem Seharusnya Berlaku pada Pemilu Berikutnya
Politisi senior Partai Demokrat Jafar Hafsah/Net
rmol news logo Daftar calon sementara (DCS) legislatif seluruh partai politik sudah diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Saat ini, sedang dilakukan verifikasi administrasi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sehingga, Jika pemilu mendatang diubah sistemnya dari terbuka menjadi tertutup, maka seharusnya keputusan itu berlaku pada pemilu yang akan datang.

Hal itu disampaikan politisi senior Partai Demokrat Jafar Hafsah menyoal indikasi Mahkamah Konstitusi bakal memutuskan sistem proporsional dalam gugatan UU 7/2017 tentang Pemilu.

"Sekarang proses pemilu sudah berjalan, sudah masuk DCS. DSC itu dimasukkan ke proporsional terbuka. Maka, itu dalam proses seudah berjalan, masa ada perubahan," kata Jafar Hafsah kepada wartawan, Selasa (30/5).

Jafar mengatakan sistem pemilu dari terbuka menjadi tertutup tidak seharusnya diberlakukan pada Pemilu 2024. Pasalnya, saat ini belum ada hal darurat yang mengharuskan mengubah sistem dari terbuka menjadi tertutup.

Terlebih, kata Jafar Hafsah, tugas dan fungsi MK hanya sebatas penguji keabsahan isi pasal atau undang-undang yang dianggap bertentangan dengan konstitusi.

Sehingga, bukan ranahnya untuk memutuskan sistem pemilu dari terbuka menjadi tertutup.

"Kalau terbuka itu kan enggak bertentangan dengan konstitusi. Malah konstitusi menyenangi karena betul-betul demokrasinya demokrasi yang lebih terbuka di dalam pemilihannya," tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA